Kamis, 12 April 2018

7 Kiat Sukses Hadapi Ujian Sekolah

Kiat-kiat sebelum menghadapi ujian sekolah:
1. Berdoa Pada Allah SWT

Sebagai warga negara Indonesia kita juga harus tahu bahwa bunyi pancasila sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa artinya menurut saya, kita sebagai warga negara Indonesia harus percaya pada Tuhan yang mempunyai kekuatan melebihi kehendak manusia. Sehingga, segala sesuatu yang kita lakukan diawali dengan berdoa terlebih dahulu memohon kepada-Nya, agar segala sesuatu yang akan kita lewati bisa lancar dan diberi kemudahan serta keberkahan. Amin.

2. Luruskan Niat
Meluruskan niat dalam menghadapi ujian atau tes atau ulangan sangat diperlukan terlebih jika anda adalah seseorang yang masih sering dibayang-bayangi oleh rasa takut dan rasa gelisah, ketika akan belajar. Misal : Baru buka buku sudah menguap (itu-kan bisa membuat suasana belajar jadi tidak asik). Maka meluruskan niat sangat diperlukan dalam hal ini. Luruskan niat bahwa kita akan belajar sehingga memperbaiki kualitas diri.

3. Belajar
Langkah ketiga setelah dua langkah diatas terpenuhi adalah belajar. Tanpa belajar semua akan sia-sia dan tanpa belajar ibarat kata anda ingin makan tapi anda tidak mau bergerak. Lalu apakah anda akan bisa merasakan nikmatnya kenyang?? (tidak mungkin) Jelas belajar merupakan pilar utama dalam mempersiapkan ulangan.

4. Belajar materi yang dianggap sulit
Belajar materi yang dianggap sulit bisa mempermudah kita dalam belajar mempersiapkan ulangan. Sebab, setiap orang memiliki pelajaran yang sulit sendiri-sendiri. Walaupun, mungkin secara umum banyak menganggap matematika merupakan pelajaran tersulit. tetapi banyak pula yang menganggap Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menjadi Pelajaran tersulit. Malah ada yang menganggap Bahasa Indonesia menjadi pelajaran tersulit. atau Pendidikan Kewarganegaraan? atau malah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) malah justru menjadi itulah pentingnya membuat sebuah jurnal dalam belajar sehingga bisa memetakan pelajaran yang dianggap sulit.

5. Cari Referensi atau Guru
Perkembangan zaman sekarang mencari referensi atau buku tinggal bermodal klik dan bisa diakses dengan mudah melalui perangkat yang anda pegang (smartphone/tablet) Jika belum punya, bisa pinjam dulu sebentar di warnet terdekat (tentu dengan biaya yang sudah ditetapkan). Jika dirasa belum juga mengalami kejelasan anda bisa juga mencari Guru atau pun Tutor yang bisa membimbing anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.

6. Berbuat Baik dengan Guru dan Teman
Sebuah hal yang kadang menjadi suatu yang menghambat adalah tingkah laku (akhlak) kita dalam pergaulan. Akhlak yang kurang baik akan menciptakan sebuah lingkungan yang jelek. Setidaknya jika anda berbuat baik pada Guru dan Teman anda akan semakin mudah mendapatkan sebuah solusi dari soal-soal yang anda anggap sulit dan tentu dengan akhlak yang baik pada diri anda orang lain tidak akan sungkan-sungkan untuk mengajari anda. Selain itu meminta doa dari orang tua dan guru bisa menjadi jalan kemudahan saat menghadapi ulangan.

7. Persiapkan diri dan alat anda semaksimal mungkin
Persiapan yang baik akan menjadikan kita siap disegala kondisi dan disegala model soal, persiapan yang baik pula akan membuat kita menjadi sedikit tenang dan menghilangkan rasa was-was. Ingat yang disiapkan jangan cuma alat saat akan menghadapi ulangan saja, tetapi anda juga harus menyiapkan kondisi badan agar tetap prima.


Red. Rifai
Suara Jiwa Pelopor

0 komentar:

Posting Komentar