Senin, 01 Januari 2018

Ilmu Sakti Lembu Sekilan Setia Hati Terate

Ilmu Sakti Lembu Sekilan Setia Hati Terate

Ilmu Sakti atau Aji"an" Lembu Sekilan adalah ilmu dalam tradisi olah kanuragan jawa yang berfungsi perlindungan diri (raga,anggota badan/tubuh) dari ancaman dan bahaya yang bersiat fisik dan non fisik yang dapat melukai bagian/aggota badan pada jarak sekilan.Sekilan artinya adalah panjang suatu jarak antara ujung ibu jari sampai jari kelingking dengan posisi melebar kira-kira 20an cm atau setara dengan rata-rata panjang tanduk pada Lembu ( sebutan sapi dalam bahasa jawa).
Sebutan lembu untuk ilmu sakti ini merujuk pada kebiasaan ilmu-ilmu sakti,pengasihan dan jurus silat di tanah Jawa dan dunia yang cenderung menggunakan nama-nama benda dan sifat seperti nama hewan ( lembu seketi,lembu sekilan,jaran goyang,naga geni,babi/kera ngepet,harimau menanti, ikan terbang dll ), nama tumbuhan (pukulan dan jurus mawar, melati) maupun nama-nama benda yang lain baik yang tampak maupun tidak tampak seperi angin yang hanya bisa dirasakan (gelap ngampar, bayu bajra, sayepi angin, segoro geni) dan lain-lain.Ilmu sakti Lembu Sekilan adalah ilmu yang paling terkenal ampuh untuk perlindungan diri untuk pertahanan dan  menolak serangan tangan kosong,senjata tajam maupun  kekuatan yang bersifat supra natural.

Epos,dongeng dan cerita pendekar (kepahlawanan) banyak mengisahkan tentang kehebatan ilmu sakti lembu sekilan ini dengan model,varian dan nama yang berbeda-beda dalam penyebutannya.
Untuk mendapatkan dan menggunakan ilmu sakti lembu sekilan ini banyak cara,teknik,model dan varian untuk mempelajarinya. Rata-rata perguruan silat dan padepokan mengamalkannya dengan menggunakan bantuan benda-benda (jimat) seperti batu,kayu yang bersifat bawaan asli atau benda-benda (jimat) buatan yang telah di isi oleh orang-orang tertenu (guru besar) seperti baju,sabuk,dompet,kalung dan lain lain. Selain menggunakan benda-benda (jimat) untuk mendapatkan ilmu juga bisa menggunakan bacaan (ajian,mantera) tertentu dan dalam bahasa tertentu (arab,jawa dll) ataupun kombinasi .

Cara lain selain menggunakan benda (jimat) atau bacaan (ajian,mantera) tertentu, juga bisa menggunakan makanan dan minuman (telor,kue/jajan,air putih/air tertentu) yang dibuat dan diisi khusus agar memiliki ilmu sakti lembu sekilan bagi yang memakannya atau makanan dan minuman dari ritual tertentu.Menggunakan arwah (kodam) dari benda atau makhluk tertentu juga lazim digunakan untuk memperoleh ilmu sakti lembu sekilan ini.

Apapun cara,teknik,metode dan varian dalam memeperolehnya bisa dilakukan terpisah masing-masing cara.teknik metode dan variannya atau bisa kombinasi semuanya atau sebagian. Tetapi biasanya yang tidak bisa lepas dan dipisahkan dari berbagai cara,teknik,metode dan varian tersebut adalah melakukan puasa terhadap makanan tertentu atau waktu tertentu.

Dalam perspektif ilmu setia hati "terate", ilmu lembu sekilan dipahami hampir sama dengan konsep pemahaman rata-rata pergruan silat dan padepokan yaitu sebagai perlindungan diri (seluruh anggota tubuh) tetapi dengan dan  melalui cara,metode,model yang berbeda dan bahkan dalam pemahaman yang lebih luas.

Ilmu lembu sekilan dalam perpspektif SH " Terate " adalah perlindungan diri terhadap segala bentuk serangan yang bersifat material terhadap beberapa titik lemah/mematikan anggota tubuh manusia dalam jarak setiap sekilan ( satu kilan ). Jarak titik lemah dalam setiap satu kilan berturut-turut dari atas adalah kepala, leher, ulu hati dan kemaluan.

Gerakan serangan dan pertahanan ilmu setia hati terate adalah dalam rangka melindungi dan atau sebaliknya titik lemah/mematikan setiap jarak sekilan itulah yang diajarkan sebagai dan sebagai hakikat ilmu sakti lembu sekilan sesungguhnya berserta pernafasan-pernafasan yang diajarkan dalam SH Terate. Terkait dengan perlindungan dari serangan terhadap materi yang bersifat supra natural, seorang warga sh terate tidak memerlukan hal tersebut karen sudah kebal dengan serangan dengan materi yang bersifat supranatural bahkan pada diri seorang siswa polos sekalipun karena keyakinan tidak ada kekuatan apapun (supranatural) diatas manusia kecualia kekuatan Alla SWT (Tuhan Yang Maha Esa).

0 komentar:

Posting Komentar