Senin, 29 Agustus 2016

Abstrak PTK Bahasa Indonesia Kelas VIII Membaca Scanning Melalui Media Buku Telepon dan Kamus

ABSTRAK


 
Abdillah, Rifai. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Scanning Melalui Penggunaan Media Buku Telepon dan Kamus Pada Siswa Kelas VIII MTs. Sunan Giri Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2012/2013

Kata Kunci: membaca scanning, media Buku telepon dan Kamus

Guru yang profesional harus memiliki sejumlah kompetensi. Kompetensi yang dimaksud adalah sebagai berikut, yaitu: “kompetensi professional” artinya memiliki pengetahuan yang kuat, “kompetensi personal” artinya memiliki sikap kepribadian yang mantap, “kompetensi sosial” artinya menunjukkan kemampuan berkomunikasi sosial baik dengan murid-muridnya maupun dengan sesama rekan guru dan kepala sekolah bahkan dengan masyarakat luas, serta “kemampuan untuk memberikan pelayanan.

Dalam pelaksanaan pembelajaran seringkali guru dihadapkan dengan berbagai permasalahan. Masalah yang paling utama adalah masalah pembelajaran, dimana perolehan hasil belajar siswa di akhir pembelajaran tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan di awal pembelajaran.
Membaca adalah suatu  proses yang kompleks  dan rumit. Kegiatan membaca meliputi tiga keterampilan dasar yaitu recording, decoding, dan meaning. Membaca scanning ialah membaca sangat cepat, Membaca cepat artinya membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak mengabaikan pemahamannya.
Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas VIII SMTs. Sunan Giri Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 31 siswa dengan perincian 16 laki-laki dan 15 perempuan. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 dimulai tanggal 1 September 2012 sampai dengan 14 September 2012.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (a) Cara meningkatkan kemampuan membaca scanning siswa Kelas VIII MTs. Sunan Giri melalui penggunaan media Buku telepon dan Kamus adalah menerapkan langkah-langkah membaca scanning dengan memberikan batasan waktu yang relatif singkat untuk menemukan sejumlah informasi yang ditanyakan; dan (b) Kemampuan membaca scanning siswa Kelas VIII MTs. Sunan Giri dengan penggunaan media Buku telepon dan Kamus mengalami peningkatan. Pada siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa 38,71% dengan nilai rata-rata kelas 65,65 sedangkan pada siklus II meningkat lagi menjadi 93,55% dengan nilai rata-rata kelas 83,71.
Saran yang ada dalam penelitian ini ialah (a) proses pelaksanaan pembelajaran tidak boleh terpaku hanya menggunakan buku sumber yang disediakan disekolah saja, tetapi harus senantiasa menggunakan media-media yang ada disekitar siswa, (b) Pemanfaatan media pembelajaran yang ada di sekitar siswa dapat menumbuhkan motivasi dan gairah belajar siswa karena media pembelajaran memiliki banyak fungsi, sehingga proses belajar-mengajar lebih efektif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Untuk File Lengkapnya.... Monggo diklik!!!

0 komentar:

Posting Komentar