Senin, 29 Agustus 2016

Abstrak PTK Bahasa Indonesia Kelas VIII Menulis Puisi Bebas

ABSTRAK

Abdillah, Rifai. 2011. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pemanfaatan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas VIII MTs. Sunan Giri Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2010/2011

Kata Kunci : media, kartu kata, keterampilan, menulis puisi

Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa. Melalui keterampilan menulis siswa dapat mengkomunikasikan gagasan, penghayatan dan pengalamannya ke dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis tidak akan datang secara otomatis. Akan tetapi, keterampilam itu akan datang melalui latihan dan praktek yang banyak dan teratur.

Menulis adalah kemampuan seseorang untuk mengungkapakan ide, pikiran, pengetahuan, ilmu, dan pengalaman-pengalaman hidupnya dalam bahasa tulis yang runtut, enak dibaca, dan dapat dipahami oleh pembaca. Akhadiah (2002:2) mengungkapkan bahwa menulis berarti mengorganisasikan ide secara sistematis serta mengungkapkannya secara tersurat. Menulis Puisi adalah kegiatan imajinatif yang dialami penulis berdasarkan pengalaman-pengalamannya, baik dari diri sendiri maupun dari orang lain. Puisi terdiri dua unsur yaitu unsur fisik dan unsur batin. Unsur fisik puisi meliputi (a) diksi, (b) citraan, (c) kata-kata konkret, (d) bahasa kias/ majas/ symbol, dan (e) rima dan irama, sedangkan  unsur  batin puisi terdiri dari (a) rasa, (b) nada, (c) amanat, dan (d) tema.
Penggunaan media kartu kata sebagai media pembelajaran dapat merangsang anak untuk berperan aktif, membangkitkan motivasi belajar dan membantu mempermudah siswa dalam menulis puisi. Kartu kata dalam penelitian ini adalah kartu yang berisi kata-kata atau kelompok kata dengan urutan tertentu sehingga membantu siswa mengembangkan gagasan hingga tercipta sebuah puisi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII  MTs. Sunan Giri Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada  bulan Agustus  2011.
  Keterampilan menulis puisi terbukti meningkat dari kondisi awal, siklus I, Siklus II, dan tes akhir dengan hasil  sebagai berikut: (1)  nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dicapai  yaitu di siklus I = 70, siklus II = 72, dan tes akhir = 76,  (2) pada siklus I yang mencapai nilai ketuntasan minimal ada 27 atau mencapai 79%,  pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal ada 29 atau mencapai 85%, dan pada tes akhir siswa yang mencapai ketuntasan minimal ada 32 atau mencapai 94%, (3) penggunaan kartu kata sebagai media pembelajaran berdampak positif meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi.
Saran-saran yang muncul dalam penelitian ini adalah (a) dalam pembelajaran menulis kreatif terutama menulis puisi hendaknya siswa diajak untuk mengetahui dan memahami  secara luas tentang puisi dan unsur-unsurnya, dan (b) dalam pembelajaran puisi diperlukan media yang dapat memotivasi dan mengembangkan keterampilan menulis puisi siswa.

                                                        Untuk File Lengkapnya.... Monggo diklik!!!

0 komentar:

Posting Komentar