Selasa, 12 April 2016

PTK Bahasa Indonesia Peningkatan Kreatifitas Berfikir Menggunakan Teknik Cloze (Dilition) Kelas VI SD

ABSTRAK
 Abdillah, M. Rifa’i. 2012. Upaya Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa Dengan Menggunakan Teknik Cloze (Dilition) Pada Pembelajaran Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indanesia Di Kelas VI B UPT. SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012

Kata Kunci: Kreatifitas berpikir, teknik cloze (dilition), puisi

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang diberikan pada semua jenjang pendidikan formal, baik di tingkat pendidikan dasar atau menengah. Pembelajaran Bahasa Indonesia mengupayakan peningkatan kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara lisan dan tertulis serta menghargai karya cipta bangsa Indonesia.
Puisi merupakan suatu karya sastra yang dilupakan secara sepontan dengan mempergunakan imajinasi sebagai pembantu akal pikiran, maka dalam penyajian puisi pada siswa hendaknya menggunakan suatau cara atau teknik yang tepat agar siswa dapat berimajinasi seperti yang dilakukan oleh pengarang. Salah satu teknik atau cara yang dapat meningkatkan daya imajinasi siswa terhadap puisi adalah degan menggunakan teknik cloze (dilition) atau kelesapan, artinya menghilangkan atau melepaskan sebuah (atau lebih ) kata pada larik /baris puisi.
Teknik Cloze (Dilition) atau kelesapan adalah suatau cara penyajian puisi dengan menghilangkan atau melepaskan sebuah (atau lebih) kata laris/baris puisi. Belajar merupakan bagian terpenting dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, sehubungan dengan itu maka para ahli pendidikan dan ahli psikologi berusaha menyelidiki secara mendalam tentang masalah tersebut. Puisi yaitu mengekspresikan pikiran yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi panca indra dalam suasana yang berirama.
Subyek penelitian adalah siswa  kelas VI B UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2012 Semester II di kelas VI B UPT. SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) Pembelajaran puisi dengan menggunakan teknik cloze dapat meningkatkan aktivitas siswa Kelas VI B UPT. SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012, (b) Penggunaan teknik cloze dalam pembelajaran puisi dapat meningkatkan prestasi siswa  Kelas VI B UPT. SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa yaitu Siklus I nilai rata-rata 65,53 dan ketuntasan belajar (67%), Siklus II nilai rata-rata 76,58 dan ketuntasan belajar (63%) dan Siklus III nilai rata-rata 87,37 dan hasil belajar (89%).
Saran yang dapat penulis kemukakan dari penelitian ini adalah bagi para pengajar / guru dalam pembelajaran puisi hendaknya menggunakan teknik cloze (dilition) atau kelesapan karena teknik ini dapat mendorong siswa dalam proses berimajinasi terhadap puisi juga dapat meningkatkan kreativitas berfikir.

Bagi yang berminat dengan Filenya,  Monggo Dipenyet Nggih...

0 komentar:

Posting Komentar