Selasa, 12 April 2016

PTK Bahasa Indonesia Peningkatan Kemampuan Membaca Memindai Melalui Media Koran Kelas V SD

ABSTRAK

Abdillah, M. Rifa’i. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Memindai Melalui Penggunaan Media Koran Pada Siswa Kelas V B UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten  Pasuruan Tahun Pelajaran 2012/2013

Kata Kunci: membaca memindai, media koran

Guru yang profesional harus memiliki sejumlah kompetensi. Kompetensi yang dimaksud adalah sebagai berikut, yaitu: “kompetensi professional” artinya memiliki pengetahuan yang kuat, “kompetensi personal” artinya memiliki sikap kepribadian yang mantap, “kompetensi sosial” artinya menunjukkan kemampuan berkomunikasi sosial baik dengan murid-muridnya maupun dengan sesama rekan guru dan kepala sekolah bahkan dengan masyarakat luas, serta “kemampuan untuk memberikan pelayanan.



Dalam pelaksanaan pembelajaran seringkali guru dihadapkan dengan berbagai permasalahan. Masalah yang paling utama adalah masalah pembelajaran, dimana perolehan hasil belajar siswa di akhir pembelajaran tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan di awal pembelajaran.
Membaca adalah suatu  proses yang kompleks  dan rumit. Kegiatan membaca meliputi tiga keterampilan dasar yaitu recording, decoding, dan meaning.  Membaca memindai (scanning) ialah membaca sangat cepat, membaca cepat artinya membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak mengabaikan pemahamannya. Koran atau surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik.
Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas V B UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 29 siswa dengan perincian 14 laki-laki dan 15 perempuan. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 dimulai tanggal 1 Maret 2013 sampai dengan 14 Maret 2013.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (a) Cara meningkatkan kemampuan membaca memindai siswa kelas V UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten melalui penggunaan media koran adalah menerapkan langkah-langkah membaca memindai dengan memberikan batasan waktu yang relatif singkat untuk menemukan sejumlah informasi yang ditanyakan; dan (b) Kemampuan membaca memindai siswa kelas V UPT SDN Sunan Giri Kecamatan Rejoso Kabupaten dengan penggunaan media Koran mengalami kenaikan pada tiap siklusnya. Pada siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai 34,48% dengan nilai rata-rata kelas 63,28 sedangkan pada siklus II meningkat lagi menjadi 96,55% dengan nilai rata-rata kelas 81,90.
       Saran yang ada dalam penelitian ini ialah (a) proses pelaksanaan pembelajaran tidak boleh terpaku hanya menggunakan buku sumber yang disediakan disekolah saja, tetapi harus senantiasa menggunakan media-media yang ada disekitar siswa, (b) Pemanfaatan media pembelajaran yang ada di sekitar siswa dapat menumbuhkan motivasi dan gairah belajar siswa karena media pembelajaran memiliki banyak fungsi, sehingga proses belajar-mengajar lebih efektif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Bagi yang berminat dengan Filenya,  Monggo Dipenyet Nggih...

0 komentar:

Posting Komentar