Selasa, 12 April 2016

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN
MATERI MENGIKUTI TATA TERTIB MELALUI METODE VARIASI



M. RIFA’I ABDILLAH, S.Pd
Alamat : Alamat : SD Negeri Sunan Giri
Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan


Abstrak: Mengajar adalah membimbing siswa sehingga ia mampu belajar. Guru memiliki peranan penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan. Guru berperan sebagai pengelola proses belajar-mengajar, bertindak sebagai fasilitor yang berusaha menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif. Mengajar adalah membimbing siswa sehingga ia mampu belajar. Aktifitas siswa sangat diperlukan dalam kegiatan belajar-mengajar, siswa seharusnya aktif, sebab siswa sebagai subyek didik adalah yang merencanakan dan ia sendiri yang melaksanakan belajar. Pada kenyataan, seringkali guru yang aktif, siswa tidak diberi kesempatan untuk aktif sehingga prestasi belajar mereka cenderung kurang. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn pada materi mengikuti tata tertib di sekolah dan di rumah melalui metode variasi. Berdasarkan data  empirik  pada  penelitian  ini  menunjukan  bahwa  .melalui metode variasi yang dilakukan peneliti mulai dari kondisi awal, siklus I maupun siklus II telah  berhasil  meningkatkan prestasi  belajar  PKn  materi tata tertib di rumah dan di sekolah.
Kata kunci: Prestasi belajar PKn, tata tertib, variasi


Selengkapnya ............

0 komentar:

Posting Komentar