Minggu, 06 Oktober 2019

Inspirasi | 3 Rahasia Santri Sukses dan Barokah

3 Rahasia Santri Sukses dan Barokah


Orang muslim yang dekat dengan agamanya pasti tidak akan asing dengan yang namanya Santri. Secara umum santri dapat diartikan sebagai siswa atau murid yang sedang mendalami ilmu agama di pondok pesantren. Secara khusus santri dapat diartikan sebagai seseorang yang sedang menjalani proses mendalami ilmu dan merubah akhlaknya baik lahir maupun batin agar sempurna menuju kesempurnaan manusia yaitu yang diistilahkan sebagai Insanul Kamil. Untuk mencapai Insanul Kamil, maka seseorang wajib mengasah dan menekan dirinya untuk tetap  selalu beribadah kepada Allah SWT tanpa imbalan apapun. Untuk itulah diperlukan proses belajar yang sempurna yaitu menjadi seorang santri yang sebenar-benarnya.
Lalu bagaimana menjadi seorang santri yang sebenar-benarnya? Maka jawabannya adalah jadilah santri yang selalu mendapat ridho dan barakah dari seorang guru maupun Kyai. Tanpa guru maupun Kyai, maka apa yang diperoleh dari seorang santri akan menjadi percuma dan hanya buang-buang waktu saja. Karena suatu ilmu bila didapat tanpa perantara guru maka gurunya adalah syaithon (setan). Oleh karena itu, seorang santri wajib memiliki guru maupun Kyai.
Menjadi seorang santri sangatlah mudah asal ada niat dan mau menjalankannya saja sudah cukup. Santri tidak perlu mencari sebuah pesantren yang besar dan megah, yang penting dia mampu menjalani hari-harinya dengan bernafas islami dan akhlakul karimah. Santri cukup hanya ta’dim, tunduk patuh terhadap guru maupun Kyai saja belajar apa yang disampaikan atau diajarkan oleh para dewan guru itu sudah jauh dari kata cukup.
Ada beberapa tips jika ingin menjadi seorang yang sukses dan mendapatkan ilmu barokah, yaitu:
1.  Makan enak
2.  Tidur nyenyak
3.  Kiriman lebih banyak

Dari ketiga tips itu jika hanya dibaca akan terasa enak, akan tetapi apabila dijalankan maka akan sangat sulit sekali rasanya. Bahkan dari 3 (tiga) tips itu bahkan akan membuat kita berpikir ulang jika ingin menjadi santri lebih lama lagi. Coba mari kita perjelas maksud dari 3 (tiga) tips tersebut:
1.      Makan enak : maksud dari makan enak adalah apabila makannya hanya menunggu ketika perut lapar dan dengan porsi yang sangat sedikit tentu membuat rasa makanan itu akan terasa nikmat sekali.
2.      Tidur nyenyak : maksud dari tidur nyenyak di sini adalah apabila kapasitas tidurnya di pesantren hanya sedikit dan sebentar sehingga sekali tidur akan terasa sangat nikmat dan nyenyak sekali.
3.      Kiriman lebih banyak : maksud dari kiriman lebih banyak yaitu karena kirimannya tidak dibuat foya-foya atau berlebihan ketika berbelanja di pesantren. Sangking sedikitnya pengeluaran jadi kirimannya menjadi lebih. Hal ini biasa dikatakan dengan istilah tirakat.

Ketiga tips itulah yang menjadi kunci dasar dari awal keberhasilan seorang santri dalam menuntut ilmu.
Semoga ketiga tips itu dapat menginspirasi bagi para santri untuk hidup lebih prihatin dalam meningkatkan tirakatnya di pesantren.

Penulis
Rifai Abdillah

0 komentar:

Posting Komentar