Kamis, 26 April 2018

Belajar Memahami Sebuah Perbedaan

Belajar Memahami Sebuah Perbedaan


Ilustrasi perbedaan yang mendasar
Rasanya bukan hal yang tabu lagi ketika kita mendengar kata “perbedaan” dan semua orang baik itu tua, remaja, dewasa atau anak-anak sekalipun pasti pernah mengalaminya dan merasakan atau bahkan mempunyai sebuah perbedaan. Perbedaan memiliki beberapa arti, perbedaan memiliki beberapa maksud dan tujuan. Perbedaan sendiri dapat menjadi sesuatu hal yang rumit, mudah, dan digemari sebagian orang. Tergantung dari sudut pandang seperti apa orang tersebut memandang atau memaknai arti dari “perbedaan” itu sendiri.

Perbedaan karakter, perbedaan daya fikir, perbedaan latar belakang, perbedaan persepsi dan masih banyak lagi perbedaan-perbedaan yang dialami setiap orang. Dari lingkungan sekitar saja sudah pasti dapat menimbulkan beberapa perbedaan. Mulai dari penciptaan manusia, Allah menciptakan berbagaimacam rupa wajah manusia dimuka bumi ini. Ada yang berkulit hitam, berkulit putih, miskin, kaya, beruntung, pintar dan sebagainya. Semua diciptakan dengan berbeda, mengapa? Supaya kita mampu mensyukuri apa yang kita miliki dan orang lain miliki. Karena setiap adanya perbedaan pasti akan diselipkan sebuah kemampuan untuk bisa saling melengkapi setiap perbedaan yang ada.

Setiap manusia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga ketika mereka dihadapkan pada situasi ataupun kodisi yang berbeda dengan apa yang diharapkan pasti manusia itu sendiri akan mencari tahu letak perbedaan tersebut untuk dapat menemukan titik temu yang bernamakan sebuah “persamaan”. Lantas bagaimana kita memposisikan diri ketika kita berada dilingkungan yang terdapat perbedaan? Apakah hanya diam saja tanpa melakukan apa-apa , atau menolak suatu perbedaan tersebut? Tentu jawabannya TIDAK. Karena apa? Suatu perbedaan bukanlah sebuah masalah besar, namun suatu perbedaan banyak mengajarkan kita berbagai macam pelajaran, pengalaman dan kreativitas dalam mengelola sebuah perbedaan.

Dalam prakteknya kita sering sekali dihadapkan pada perbedaan karakter dari orang lain, bisa kita lihat berapa banyak dalam sehari kita mengenal orang baru dikehidupan kita. Atau bisa kita bayangkan berapa banyak orang yang kita kenal dan mengenal kita? Dari situ saja kita sudah bisa menyimpulkan bahwa sebenarnya suatu perbedaan bukanlah hal yang tabu untuk kehidupan kita dan tanpa disadari suatu perubahan selalu ada didalam hidup. Bisa dibayangkan juga, apabila tidak ada sebuah perbedaan mungkin semuanya akan datar dan biasa-biasa aja. Karena hidup adalah sesuatu hal yang harus saling melengkapi, dan hidup tidak akan berdiri sendiri pasti ada sesuatu hal yang mendampingi. Tidak mungkin ada malam jika tidak ada siang dan pagi. Semua sudah diatur oleh Allah. Semua sudah menjadi fase atau proses sebuah kehidupan.

Dalam memahami karakter orang lain tidak harus menjadi diri orang lain dan berusaha menyesuaikan karakter seperti mereka, namun yang dapat kita lakukan adalah mencoba memahami dan belajar menghadapi perbedaan karakter dengan begitu kita dapat memposisikan diri kita kepada orang lain yang memiliki perbedaan karakter dengan kita. Dengan begitu kita akan lebih mampu berkomunikasi, menjalin suatu hubungan silaturahmi dan melakukan sebuah contact denga orang lain. Karena kita sudah mampu dan mempunyai keahliaan dalam memahami perbedaan karakter. Kita jadi diterima dengan lingkungan baru, mampu menyesuaikan diri.

  1. Bersikap dan bertindak bijak ketika dihadapkan terhadap suatu kelebihan dan kekurangan dengan orang lain.
  2. Bersikap dan bertindak bijak terhadap diri sendiri dalam menerima suatu perbedaan yang hadir dalam diri kita

Hal tersebut bisa kita terapkan didalam kehidupan supaya kita mampu memahami bahwa perbedaan itu tidak sendiri dia akan datang dengan sebuah persamaan untuk dapat melengkapinya, bahwa suatu perubahan hanya sebuah proses dari suatu pemahaman untuk mencapai suatu persepsi yang sama.

Red. Rifa'i Abdillah
Suara Jiwa Pelopor

0 komentar:

Posting Komentar