Senin, 20 Februari 2017

Kebiasaan Santri Yang Bikin Kangen Sepanjang Masa

Kebiasaan Santri Yang Bikin Kangen
Sepanjang Masa

1.     Di Pondok pesantren dilarang nonton TV, kalaupun boleh hanya bisa menyaksikan program berita saja. Tapi tak sedikitpun mengurangi semangat belajar mereka.
2.    Nunggu kiriman dari orang atau nunggu giliran setoran hafalan/bacaan kitab sama bikin tegang harap-harap cemas.
3.    Kepatuhan dan keta’dhimam (rasa patuh) santri pada guru/Kiainya memang tak bisa diragukan lagi, bahkan tidak ada tandingannya di muka bumi ini.
4.    Ngaji/belajar sambil duduk itu biasa, tapi ngaji/belajar sambil berdiri sama sekali tidak mengurangi keseriusan para santri. Luar biasa.
5.    Keistiqomahan para santri dalam menimba ilmu benar-benar teruji. Istiqomah nomor satu, mengerti sambil lalu.
6.    Kebersaman adalah segala-galanya, dan di situlah kebahagian terasa meskipun jauh dari orang tua.
7.    Banyak orang bilang cara makan ala santri itu jorok, tapi justru makan bareng-bareng seperti ini tidak hanya mempererat tali persaudaraan antar sesama tapi juga membuat makan terasa lebih nikmat.
8.    Tempat yang terpisah antara santri putra dan putri tidak membuat semangat belajar santri menurun, justru membuat mereka saling menghargai dan memulyakan.
9.    Baca Al Quran, Tahlil dan sholawatan adalah ritual ibadah para santri yang pernah berhenti di senandungkan karena terbukti menyejukkan.
10. Yang paling tidak bisa dilupakan adalah nama Zaid, bagaimana tidak, setiap ustadz mengajar Ilmu Nahwu selalu saja mencontohkan Nama Zaidun seperti Ja’a Zaidun (Datang siapa Zaid), tanpa pernah tahu Zaid itu siapa dan orang mana.

11.  Salut buat para pengurus yang tak kenal lelah dalam mengurus para santri.

0 komentar:

Posting Komentar