Rabu, 30 Agustus 2017

Penilaian dalam Kurikulum 2013

PENILAIAN
DALAM KURIKULUM 2013

A.    Kebijakan Umum Penilaian
1.      Landasan Penilaian UU No 20 Tahun 2003
a.       PP No 32 Tahun 2013
b.      Permendikbud No 54 Tahun 2013
c.       Permendikbud No 64 Tahun 2013
d.      Permendikbud No 65 Tahun 2013
e.       Permendikbud No 66 Tahun 2013
f.       Permendikbud No 81 A Tahun 2013 ,
g.      Lampiran IV

2.      Pengertian
a.       Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar Peserta Didik.
b.      Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
c.       Penilaian dapat dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk).

3.      Prinsip dan Pendekatan Penilaian
A.  Prinsip
a.       Sahih
b.      Objektif
c.       Adil
d.      Terpadu
e.       Ekonomis
f.       Transparan
g.      Menyeluruh dan kesinambungan
h.      Sistematis
i.        Akuntabel
j.        Edukatif

B.  Pendekatan
a.       Pendekatan penilaian yang digunakan adalah penilaian acuan kriteria (PAK)
b.      PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).
c.       KKM Pengetahuan dan Keterampilan : > 2.66
d.      KKM Sikap : Baik

4.      Karakteristik
a.       Penilaian Belajar Tuntas
  1. Otentik
  2. Berkesinambungan
  3. Berdasarkan Acuan Kriteria
  4. Menggunakan Teknik Penilaian Variasi


5.      Jenis Penilaian
a.       Penilaian otentik
  1. Penilaian diri
  2. Penilaian berbasis portofolio
  3. Ulangan harian
  4. Ulangan tengah semester
  5. Ulangan akhir semester
  6. Ujian Tingkat Kompetensi/ UTK
  7. Ujian Mutu Tingkat Kompetensi/ UMTK
  8. Ujian Nasional/ UN
  9. Ujian Sekolah

B.     Penilaian Proses dan Kompetensi secara utuh
1.      Penilaian
a.       Proses Selama Pembelajaran
         Informal
         Komentar  guru terhadap jawaban/pertanyaan/komentar siswa
         Formal
         Kegiatan yg disusun secara sistematis  dengan tujuan untuk membuat simpulan tentang kemajuan peserta didik
b.      Hasil
      Setelah Pembelajaran

2.      Teknik dan Instrumen Penilaian
a.       Sikap
b.      Pengetahuan
c.       Keterampilan

3.      Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 . Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
                                              
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik      : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik                 : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup              : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang                         : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33

4.      Penilaian Keterampilan Penilaian mencakup :
a.       Penilaian Proses
          Perencanaan
          Pelaksanaan
          Penyajian


b.      Penilaian Hasil
          Isi laporan
          Bahasa
          Estetika
  1. Pedoman Penskoran dan Rubrik


Konversi Nilai Pengetahuan, Keterampilan, Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Ketrampilan
Sikap
A
4
4
SB
A -
3.66
3.66
B +
3.33
3.33
B
B
3
3
B -
2.66
2.66
C +
2.33
2.33
C
C
2
2
C -
1.66
1.66
D +
1.33
1.33
K

No.
SKOR
Nilai
1
2
3
4
3,33 < skor ≤ 4,00
2,33 < skor ≤ 3,33
1,33 < skor ≤ 2,33
skor ≤ 1,33
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang

C.    Kriteria Kenaikan Kelas
Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh satuan pendidikan, dengan ketentuan minimal :
1.      Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
2.      Mencapai tingkat kompetensi yang dipersyaratkan, minimal sama dengan KKM.
3.      Mencapai nilai sikap untuk semua mata pelajaran minimal baik.
4.      Tidak terdapat nilai kurang dari KKM maksimal pada dua mata pelajaran.
5.      Ketidakhadiran siswa tanpa keterangan maksimal 15 % dari jumlah hari efektif.

D.    Kriteria Kelulusan
1.      Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
  1. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran
  2. Lulus ujian sekolah/madrasah; dan
  3. Lulus Ujian Nasional.


0 komentar:

Posting Komentar