Senin, 26 Maret 2018

Tips dan Trik Paling Ampuh Mengatasi Hama Tikus Sawah

Tips dan Trik Paling Ampuh 
Mengatasi Hama Tikus Sawah


Penyakit atau hama sawah dapat diatasi dengan berbagai macam obat. Tentu saja jika hama atau penyakit ini bisa diselesaikan dengan sangat mudah melalui obat. Tetapi lain halnya dengan pemakain obat untuk hama atau penyakit tikus. Karena tikus tidak ada obat secara fisik tersedia ada di toko-toko obat. 

Memang ada sih.,,, toko obat sawah yang menjual obat pembasmi hama tikus tapi di jaman sekarang ini hama tikus sudah sangat meraja lelah dan seperti sudah mempan atau kebal terhadap berbagai macam obat. 
Kali ini saya punya trik dan tips khusus untuk mengatasi masalah hama tikus. Perlu diketahui untuk mengatasi hama tikus ini ada dua macam cara, yaitu obat fisik dan psikis.

Cara yang pertama yaitu melalui obat fisik, yaitu :
  1. Memberikan racun tikus dengan cara mencampurkan racun dengan makanan kesukaan tikus, seperti biji padi yang kering, ikan tuna, dan bangkai yuyu (kepiting air tawar).
  2. Melepaskan ular cobra ke tiap lubang (leng) tikus.
  3. Memelihara burung hantu di dekat sawah dengan membuat bekupon (rumah burung).
  4. Melepaskan kucing liar dalam jumlah besar ke sawah.
  5. Memberikan asap di tiap lubang tikus.


Cara yang kedua yaitu melalui kelakuan (psikis), yaitu :
  1. Memberikan makanan kepada tikus dengan sukarela tanpa diberi obat yang mematikan. Makanan ini berupa apem (makanan yang terbuat dari tepung yang dikukus). Makanan itu disebarkan dengan berjalan dari sebelah kiri jalan pematang sawah memutar mengelilingi sawah dengan membaca Sholawat Nabi Muhammad tiada henti sampai pada tempat semula.
  2. Cara yang paling ekstrim yaitu dengan telanjang  pada malam hari sambil membaca sholawat Nabi Muhammad tiada henti sambil berkeliling mengitari sawah sebanyak tiga kali putaran.
  3. Memasang dan menancapkan rajah (tulisan arab atau wirid-wirid pada kertas) dengan cara ditanam di pojok-pojok sawah tanpa bisa diinjak oleh kaki.  
  4. Menyelenggarakan pagelaran wayang kulit dengan maksud untuk acara selamatan desa dan selamatan tani untuk menghindarkan dari segala marabahaya dan penyakit atau hama sawah.
  5. Mengadakan pengajian atau istighotsah demi kesalamatan dan menolak berbagai macam penyakit atau hama sawah.

Itulah pengalaman saya sebagai penulis dalam rangka mengatasi maupun menolak bencana yang disebabkan oleh hama tikus sawah. Semoga tulisan saya ini berguna bagi pembaca pada umumnya dan bermanfaat khususnya bagi petani. Karena masa depan negara tergantung dari kemakmuran sumber pangan nasional yang dihasilkan oleh para petani negeri.

Salam Redaksi
By: Rifa'i Abdillah 

0 komentar:

Posting Komentar