Jumat, 08 Desember 2017

Menggunakan Fungsi VLOOKUP

Menggunakan Fungsi VLOOKUP
Fungsi VLOOKUP adalah bagian dari fungsi LOOKUP, bersama dengan HLOOKUPINDEX dan MATCH. Kegunaan fungsi VLOOKUP adalah untuk mencari suatu nilai (lookup_value) pada range atau tabel (lookup_array), kemudian setelah nilai tersebut ditemukan, akan memanggil nilai di kolom yang lain dari tabel tersebut berdasarkan urutan kolom yang diinginkan (col_index_num).
Sebagai contoh, seorang staf keuangan ingin mengetahui harga suatu stock bahan baku, misalnya “Tepung Terigu”. Maka, staf keuangan tersebut akan mencari stock “Tepung Terigu” di tabel atau database stock barang, dan setelah ketemu, akan melihat kolom harga dari Tepung Terigu tersebut. Jadi, bukan Tepung Terigunya yang ditampilkan, melainkan harga dari Tepung Terigu. Simulasinya bisa Anda lihat pada gambar di bawah.
fungsi vlookup
Syntax Fungsi VLOOKUP
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
·         lookup_value (wajib diisi) yaitu nilai yang digunakan untuk mencari data yang diinginkan. Pada contoh simulasi di atas, lookup valuenya adalah “Tepung Terigu”
·         table_array (wajib diisi) yaitu range atau tabel yang akan digunakan untuk mencari data yang diinginkan. Agar mudah diingat, table array bisa kita sebut dengan tabel vlookup. Pada contoh di atas, tabel vlookupnya adalah data stock barang.
·         col_index_num (wajib diisi) yaitu nomor urut kolom yang akan kita ambil nilainya sesuai dengan nomor kolom yang ada di tabel. Jika kita isi dengan nilai kurang dari 1 akan menghasilkan ERROR #VALUE!. Sedangkan jika kita isi dengan angka yang lebih besar dari jumlah kolom yang ada dalam tabel, akan menghasilkan error #REFF!.
·         range_lookup (opsional) yaitu nilai TRUE atau FALSE. TRUE digunakan jika kita ingin hasil yang mendekatai (pendekatan). Sedangkan, FALSE digunakan jika kita ingin hasil absolut atau pasti. Agar syntax rumus kita jadi lebih singkat, TRUE dan FALSE bisa diganti dengan nilai 0 untuk FALSE dan 1 untuk TRUE. (Ingat FALSE=0, TRUE=1)
·         Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Menggunakan VLOOKUP
·         Range tabel tidak dibuat absolut atau mutlak (tidak pakai simbol $) sehingga data bergerak pada saat dicopy. Misalnya A1:E20, seharusnya $A$1:$E$20.
·         Format nilai yang digunakan untuk melookup tidak sama. Misalnya, salah satu nilai  memiliki format number sedangkan di tabel menggunakan format text.

Contoh Penggunaan VLOOKUP
Pada cell C16, rumusnya adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(B16,B4:G11,6,0)

0 komentar:

Posting Komentar